Call For Paper Seminar Nasional Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Secara Terpadu 2017

Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2012). Pada saat ini, kondisi DAS mengalami degradasi yang disebabkan oleh interaksi berbagai faktor dalam proses pembangunan yang dilaksanakan. Hal ini terlihat dari menurunnya daya dukung dan daya tampung ekosistem DAS yang ada di Indonesia.

Pengelolaan DAS harus dilaksanakan secara utuh dari hulu, tengah sampai hilir secara terpadu sebagai satu kesatuan ekosistem. Dalam sistem pengelolaan melibatkan para pemangku kepentingan, terkoordinasi, menyeluruh dan berkelanjutan; adaptif terhadap perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang dinamis sesuai karakteristik DAS serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Kompleksitas persoalan membutuhkan upaya pendekatan pengelolaan yang komprehensif dan terintegrasi antara hulu dan hilir. Oleh karena itu, dibutuhkan masukan dari pemangku kepentingan khususnya para akademisi untuk secara terus menerus melakukan berbagai kajian secara multidisiplin ilmu. Sehingga diperoleh masukan dari berbagai perspektif untuk perbaikan pengelolaan DAS secara terpadu dengan memperhatikan kearifan lokal setempat.

Kegiatan seminar nasional ini diselenggarakan oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH-LPPM Universitas Riau) didukung oleh PPLH Institut Pertanian Bogor dan PSLH Universitas Andalas Padang, PSLH Universitas Negeri Padang dan Badan Kerjasama Pusat Studi Lingkungan Hidup (BKPSL). Tema Seminar Nasional adalah Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Secara Terpadu: Implementasi Pengendalian Kerusakan Daerah Tangkapan Air (DTA) Sebagai Upaya Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem. Sedangkan sub tema antara lain:

  1. Pendekatan Hidrologi dalam pengelolaan Daerah Tangkapan Air
  2. Tata guna lahan pada pengelolaan DAS
  3. Pengembangan sistem pertanian berkelanjutan dalam pengelolaan DAS
  4. Pengembangan rekayasa teknik dalam pengelolaan lahan
  5. Pemodelan untuk pengelolaan DAS
  6. Pengembangan ekonomi kreatif berbasis lahan mendukung pengelolaan DAS
  7. Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan DAS
  8. Pengembangan pendekatan budaya dalam pengelolaan DAS
  9. Pengelolaan DAS berbasis kearifan local
  10. Strategi edukasi dalam pengelolaan DAS

Kegiatan seminar diadakan pada Senin, 27 November 2017 bertempat di Hotel Pangeran Jl. Jenderal Sudirman No.371-373, Kota Pekanbaru, Riau. Kami mengundang bapak/ibu yang memiliki minat penelitian di bidang pengelolaan DAS untuk berpartisipasi dalam seminar ini. Kami akan mengkompilasi artikel bapak/ibu ke dalam prosiding yang terindeks google scholar dan IPI.

Waktu penting dalam pelaksanaan seminar ini antara lain:

  1. Akhir Penerimaan abstrak : 15 November 2017
  2. Penerimaan makalah lengkap : 24 November 2017
  3. Pelaksanaan Seminar : 27 November 2017
  4. Field Trip Batam dan Singapore : 28-30 November 2017 (tentatif)

Download:

  1. Brosur
  2. TOR
  3. Template paper
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *